Cara Menghapus Virus Nicodemo.exe (Sejenis Malware) di windows 10

Pengalaman ini saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat untuk lainnya. Sekira hampir sebulan saya merasakan ada perbedaan performa dari komputer yang saya pakai, komputer yang saya gunakan terasa lambat responnya, seperti bekerja dengan penuh beban sehingga terlihat seperti kepayahan. Awalnya saya menduga ini terjadi karena saya menggunakan google drive dekstop yang sedang sinkronisasi, karena ini terjadi ketika komputer sedang online saja.

Ketika terasa berat komputer bekerjanya, maka saya offline kan maka beberpa saat kemudian (tidak sampai dua menitan) performa komputer kembali normal. Namun dugaan awal tersebut sepertinya meleset, karena sudah hampir sebulan saya merasakan performa komputer yang menurun.

Akhirnya saya cari-cari dari task manager, terdeteksi sebuah program berjalan dengan nama "nicodemo.exe". Nicodemo.exe membuat resources CPU terpakai hampir 75% lebih. Kita bisa bayangkan bagaimana kinerja CPU yang terpakai 75% oleh nicodemo.exe tersebut, kita hanya disisakan 25% resources.

Nicodemo.exe Memakan Resources CPU hingga 75%


Saya coba untuk menghentikan nicodemo.exe dengan End Task, namun tidak dapat dihentikan sama sekali, saya coba offlinekan, nicodemo dapat dihentikan. Namun ketika online, nicodemo.exe aktif kembali. Selanjutnya saya lakukan search di google tentang nicodemo.exe, tidak ada artikel yang membahas hal tersebut.

Selanjutnya saya coba telusuri berada di folder mana nicodemo.exe tersebut, dan file ncodemo berada pada folder program file (x86). Folder tersebut terdeteksi ada sejak bulan Agustus 2022 (tanggalnya saya lupa) dan selama bulan Agustus tersebut tidak ada saya menginstal aplikasi apapun. Dan komputer juga tidak sering instal aplikasi, karena komputer banyak digunakan hanya untuk pekerjaan yang online saja.

Folder tersebut saya coba hapus manual dan tetap tidak bisa. Folder tersebut saya scan dengan windows defender (windows security) juga tidak mendeteksi adanya gangguan virus.

Selanjutnya, saya coba cari di forum-forum windows juga tidak menemukan. Akhirnya tanggal 29 September 2022 saya posting di group Facebook Windows 10 Indonesia. Dari grup tersebut saya mendapat beberapa saran, dan dari beberapa saran tersebut saya lakukan berbagai uji coba dan hasilnya nicodemo.exe dapat saya hapus dan komputer berjalan normal kembali.

Berikut ini cara menghapus nicodemo.exe versi saya:
  1. Matikan koneksi internet, bertujuan untuk melumpuhkan aktifitas nicodemo
  2. Matikan aplikasi pendukung nicodemo.exe, ternyata nicodemo bekerja didukung aplikasi lain, yaitu nms.exe, yang dapat ditemukan pada task manager pada bagian details. Matikan nms.exe dengan tombol End task.
  3. Setelah nms.exe berhasil dimatikan, matikan nicodemo.exe dengan End task juga.
  4. Selanjutnya pergi ke folder yang memuat nicodemo.exe, hapus semua folder yang memuat nicodemo.exe tersebut.
  5. Jangan lupa hapus juga dari recycle bin.
  6. Nicodemo.exe telah terhapus.
Demikian pengalaman yang dapat saya bagikan. Prediksi saya aplikasi nms.exe bisa jadi berbeda antara komputer satu dengan komputer lain yang terinfeksi nicodemo. Coba buka folder yang memuat nicodemo, dan cari file dengan ektensi exe selain nicodemo.exe, kemudian cek di detail pada task manager nama file yang sama dan lakukan end task untuk mematikan nicodemo.

Setelah nicodemo.exe berhasil dihapus



Silahkan bagi para pembaca dapat memberikan komentar lebih lanjut pada kolom komentar.

Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama