Ukuran Vanbelt Mesin Cuci Sanken AW S830BU

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi dimana mesin cuci yang keluarga kami gunakan mengalami kendala. Mesin cuci kami adalah Sanken dengan model AW S830BU, kendalanya adalah putaran mesin cuci kurang maksimal pada saat mencuci dan mengeringkan.

Sebelumnya saya berpikir bahwa listrik di rumah kami mengalami penurunan tegangan, sehingga mesin cuci tidak dapat beroperasi secara maksimal bahkan pada saat akan mengeringkan gagal sehingga beban cucian harus dikurangi baru bisa melakukan proses pengeringan. Namun lama kelamaan sekira dua minggu berikutnya timbul suara aneh pada saat mencuci ataupun mengeringkan, suaranya terdengar ada bunyi dek-dek-dek pada saat mesin berputar mencuci maupun mengeringkan.

Kemudian kami menduga bahwa vanbelt mesin cuci telah kendor dan perlu dilakukan pergantian. Cover belakang mesin cuci selanjutnya saya buka untuk mengecek kondisi vanbelt, dan benar ternyata vanbelt sudah kendor. Kemudian saya berinisiatif untuk mencari ganti vanbelt untuk mesin cuci tersebut melalui toko online, namun dari hasil pencarian saya tidak menemukan pedagang online yang menjual khusus vanbelt mesin cuci untuk jenis sanken model AW S830BU. Penjual online rata-rata menjual vanbelt mesin cuci universal dengan ukuran yang disesuaikan dengan keperluan mesin cuci, tanpa menyebutkan merek mesin cucinya.

Selanjutnya saya beriinisiatif mencari informasi di web sanken, dan ternyata minim informasi terkait hal yang saya cari. Akhirnya saya menghubungi nomor whatsapp yang tercantum dalam web https://www.sanken.co.id/ untuk menanyakan berapa ukuran dari vanbelt mesin cuci sanken model AW S830BU. Customer service memberikan balasan dengan memberikan form ajuan servis untuk unit sanken yang saya miliki, selanjutnya saya isi dan kirimkan sesuai form yang diberikan pada tanggal 28 September 2022. Kemudian customer service memberikan balasan bahwa laporan keluhan telah diterima dan akan ditindaklanjuti dengan kunjungan sekitar 3-5 hari dari laporan service.

Selanjutnya kami pun dengan sabar menunggu dengan harapan segera mendapatkan kunjungan untuk perbaikan unit sanken kami. Namun sampai dengan tanggal 7 Oktober 2022 belum juga ada pihak sanken yang menghubungi kembali (sudah 9 hari dari laporan diterima). Akhirnya saya berinisiatif untuk membongkar cover bawah mesin cuci untuk memastikan bahwa vanbelt terjadi kerusakan, dan ternyata benar vanbelt terjadi kerusakan karetnya sudah hancur/putus dan tersisa benang sebelah luar, seperti gambar berikut.


Selanjutnya pada tanggal 8 Oktober 2022 saya mencoba mencari di toko sparepart untuk membeli vanbelt semacam itu. Dengan kondisi vanbelt yang sudah rusak, ternyata cukup sulit untuk mengetahu ukuran sebenarnya dari vanbelt mesin cuci tersebut. Pertama saya membeli ukuran M21, kemudian saya pasang ternyata masih kebesaran. Keesokan harinya saya tukarkan dengan ukuran M20, dan akhirnya ukuran M20 merupakan ukuran  vanbelt mesin cuci universal yang sesuai untuk mesin cuci sanken dengan model AW S830BU.

Jadi kita simpulkan, jika mengalami kendala vanbelt yang kendor atau rusak pada mesin cuci sanken model AW S830BU, maka gantilah dengan vanbelt ukuran M20.

Akhirnya mesin cuci kami dapat digunakan sebagaimana mestinya, dan sampai dengan saya menulis di blog ini, belum ada pihak sanken yang menghubungi sebagaimana dijanjikan oleh pihak sanken melalui WA centernya.

Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi di jagat maya bagi yang mencari informasi terkait vanbelt mesin cuci sanken model AW S830BU.
Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama